Laman

Senin, 19 Juli 2010

Kajian Geologi Optimalkan Pembangunan Papua


Kajian Geologi Optimalkan Pembangunan Papua
 Kajian geologi yang komprehensif penting dilakukan untuk mengoptimalkan kegiatan pembangunan di wilayah Papua.
Hal tersebut dikatakan Dosen Teknik Mineral, Universitas Negeri Cenderawasih (Uncen), Marcelino Yonas,ST di Jayapura, Senin, menyikapi pentingnya kajian geologi untuk mendukung kegiatan pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.
Dia mengatakan, agar pembangunan di suatu kawasan dapat berjalan optimal dan berkelanjutan, terlebih dahulu harus dilakukan survei untuk mendapatkan data dan informasi yang berkaitan dengan faktor-faktor geologi.

"Faktor-faktor geologi ini berupa geomorfologi atau kondisi permukaan bumi, sumberdaya air, sumber daya mineral dan energi, sumber bahan bangunan, daya dukung tanah dan batuan untuk pondasi konstruksi sipil serta bencana geologi," kata Marcelino.
Data dan informasi geologi ini, lanjut Marcelino, harus digabungkan dan dianalisis sehingga bisa menghasilkan kajian holistik yang sesuai dengan penataan ruang dan pengembangan wilayah.
"Dengan demikian, penggunaan lahan seperti untuk kawasan permukiman, perdagangan, industri, pertanian atau pariwisata ditetapkan dengan memperhatikan kondisi lingkungan geologi sebagai faktor pendukung maupun kendala dalam pengembangan wilayah," ujarnya.
Marcelino menegaskan, kajian geologi untuk pengembangan wilayah penting dilakukan karena pembangunan yang dilaksanakan tanpa perencanaan yang matang akan menimbulkan berbagai permasalahan di kemudian hari.
Jika faktor geologi tidak diperhatikan, berakibat pada ditempatkannya pembangunan pada daerah rawan bencana geologi, misalnya yang berpotensi terjadi longsoran tanah dan batuan.
Permasalahan lainnya, kata Marcelino, adalah kegiatan pembangunan yang tidak sesuai dengan daya dukung lingkungan geologi dimana ruang dan sumber daya yang tersedia tidak cukup untuk pembangunan yang sifatnya berkelanjutan.
Dia berharap, penyelidikan dan kajian geologi dapat menjadi bagian dari pembangunan ruang dan kawasan Papua agar kegiatan di wilayah paling timur Indonesia ini dapat terlaksana secara optimal dan membawa manfaat bagi manusia dan lingkungan hidup.

Baca Juga Artikel Terkait



1 komentar:

  1. apakah pemerintah pernah memfalilitasi pada tim peneliti? untuk melakukan penyelidikan diwilayah propensi papua harus kerja sama dengan pemerintah daerah yang terkait di bidang kekayaan alam
    harus ada ikatan khusus dari seluruh Mahasiswa papua yg sedang maupun yg sudah selesai di bidang Ilmu kebumian....sy yakin kita bisa....

    BalasHapus