Laman

Jumat, 24 September 2010

PMKS di DKI Jakarta

Jumlah PMKS di DKI Jakarta 62.433 Jiwa
Jumlah PMKS di DKI Jakarta 62.433 Jiwa
Jakarta (ANTARA) Jumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di DKI Jakarta, terus bertambah dan hingga September 2010 jumlahnya mencapai 62.433 jiwa.
"Tahun depan kemungkinan bertambah lagi seiring semakin banyaknya perantau di Jakarta," kata Ketua Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) DKI Jakarta Sri Hartati, pada halal bil halal, di kantor BK3S, Kamis.
Ke 62.433 PMKS tersebut tersebar di lima wilayah kota dan 1 kabupaten Kepulauan Seribu, terdiri dari, Jakarta Pusat 9.086 jiwa, Jakarta Barat 13.982 jiwa, Jakarta Timur 25.218 jiwa, Jakarta Selatan 7.260 jiwa, sementara itu Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu sebanyak 6.887 jiwa.

Tingginya jumlah, PMKS di Jakarta, membuat permasalahan kesejahteraan sosial itu semakin kompleks, karenanya harus ada lembaga swadaya masyarakat lain yang membantunya, utamanya dari pihak swasta.
"Kita sadar jumlah PMKS dari waktu ke waktu terus bertambah, apalagi makin banyaknya pendatang ke Jakarta usai lebaran. Jadi sudah kewajiban kita membantu program pemerintah dengan melakukan penyuluhan kepada masyarakat, khususnya di kalangan para penyandang masalah sosial," kata Sri Hartati.
Tatiek yang juga istri Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo ini mengatakan, sesuai fungsinya BK3S turut serta membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan serta meningkatkan Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS) bagi seluruh warga Jakarta, atas dasar tanggung jawab bersama dalam suasana kekeluargaan.
Sementara itu, Sekretaris BK3S DKI Jakarta, Etthy Erland, menjelaskan, untuk mengatasi masalah kesejahteraan sosial di Jakarta, BK3S menggandeng 998 usaha atau yayasan Kesejahteraan yang terdiri dari 960 yayasan swasta serta 38 yayasan yang dikelola pemerintah.
"Tugas BK3S yaitu mengkoordinir yayasan atau usaha kegiatan sosial demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat," kata Etthy.
Antara

Baca Juga Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar